JAHE CANGKRUK

Jahe Cangkruk

Haloo teman-teman…..
Perkenalkan, nama saya Zaskia Olivia Putri, peserta lomba Putri Lingkungan Hidup Tahun 2018 dengan nomer peserta 230 dari SDN Sidotopo Wetan II Surabaya.
Syukur Alhamdulillah, saya sudah lolos pada seleksi tahap II Calon Putri Lungkungan Hidup Tahun 2018, semua ini tak lepas dari dukungan orang tua saya, guru-guru saya dan teman-teman saya.
Kali ini saya akan memperkenalkan tentang proyek saya yaitu Jahe Merah.
Jahe merah merupakan salah satu rempah-rempah yang biasa digunakan untuk bumbu memasak. Ternyata…. selain itu, banyak sekali manfaat dari jahe merah lho…!
Diantaranya adalah; menyembuhkan rematik, menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan, menghangatkan badan, menyembuhkan diabetes, dan masih banyak lagi.
Karena banyaknya manfaat tersebut, saya terinspirasi untuk membudidayakan jahe merah di sekolah dan di sekitar tempat saya tinggal, serta mensosialisasikan kepada semua orang agar lebih tahu tentang banyaknya manfaat jahe merah.
Membudidayaan jahe merah juga sangat sederhana loh… Kita hanya memerlukan: polybag, tanah, pupuk organik, dan tentu saja jahe merah.
Caranya adalah:
1. Campurkan tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1 ke dalam polybag dengan sekrup kecil.
2. Lalu masukkan bibit jahe merah
3. Tutup dengan tanah
4. Siram tanaman jahe merah 1x sehari.
Untuk mendapatkan hasil panennya dibutuhkan kurang lebih 12 bulan ya.. Cukup lama sih..tapi sebanding dengan manfaatnya kan…
Untuk hasil dari budidaya jahe merah, saya membuat olahan minuman yang bernama “JAHE CANGKRUK”.
JAHE CANGKRUK merupakan singkatan dari jahe merah, secang, kemangi, dan jeruk. Cara membuat minuman JAHE CANGKRUK ini sangat mudah loh!
Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. Jahe merah yang sudah dikupas dan parut kasar
2. 5 potongan kecil kayu secang
3. Gula aren
4. Sejumput garam
5. Kemangi
6. Jeruk lemon secukupnya.
Cara membuat:
1. Didihkan 500gr air
2. Masukkan semua bahan
3. Jika sudah mendidih dan berubah warna, angkat, dan saring hingga hanya tersisa air jahe merah.
4. Sajikan hangat atau ditambah es lebih nikmat.
Sangat mudah kan?
Jahe Merah bisa juga dikombinasikan dengan wortel dan lemon untuk dijadikan jus, jahe dan wortel telah dikenal sebagai bahan makanan yang memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh kita. Jahe dan wortel memiliki kandungan lengkap dari mineral, multivitamin hingga antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Dua bahan makanan ini jika rutin dikonsumsi bersamaan maka akan menghasilkan dampak hebat bagi tubuh, Dua bahan ini bisa dimanfaatkan sebagai jus yang lezat untuk diminum. Cara membuatnya pun sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan bahan-bahannya.
Bahan:
4 buah Wortel, 1 buah Jahe, Irisan Lemon, bubuk kayu manis, gula aren dan air putih.

Cara Membuatnya:
Pertama, Anda bersihkan dulu wortel dan kulit terluarnya, lalu bersihkan juga jahe dari kulitnya.
Kedua, Lalu Anda potong dua bahan utama ini menjadi bagian lebih kecil agar mudah terblender.
Ketiga, Masukan duahan ini kedalam blender, tambahkan air, gula aren secukupnya dan bubuk kayu manis sebagai perasa.
Keempat, setelah diblender sajikan kedalam gelas, lalu berikan perasan irisan lemn sesuai selera. Jus pun sudah jadi.

Nah, apa manfaat jika kita mengkonsumsi jus jahe dan wortel diatas tadi? Menurut laman Homeredies.com, berikut yang akan terjadi jika Anda minum jus jahe dan wortel secara teratur.

1. Meningkatkan imunitas Tubuh
Bagi Anda yang memiliki kekebalan tubuh lemah maka jus ini sangat berguna untuk membangun sistem imun menjadi lebih kuat. Wortel dan jahe memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah putih. Sel darah putih ini bermanfaat sekali mengusir bakteri patogen dalam tubuh yang berpotensi merusak tubuh. Jahe juga dikenal sebagai bahan antiinflamasi, ini berarti sangat berguna sekali mencegah peradangan dalam tubuh akibat radikal bebas yang menyerang tubuh. Jus ini juga sangat baik dalam meningkatkan sirkulasi darah yang berguna untuk membuat aliran oksigen keseluruh tubuh lebih lancar.

2. Menyehatkan dan Mempercantik Kulit
Jahe dan wortel merupakan kombinasi yang sangat sempurna, dua bahan ini bisa memasok antioksidan tinggi untuk tubuh. Zat ini sangat berguna sekali untuk kulit, terutama menjaga kulit agar terhindar dari jerawat, noda hitam, kekeringan hingga pigmentasi kulit yang disebabkan oleh radikal bebas atau sinar matahari.

3. Membunuh Sel kanker
Jus ini juag bersifat antimetasis atau mengurangi atau menghentikan penyebaran sel kanker ke bagian tubuh. Rutin minum jus jahe dan wortel juga bisa membantu tubuh terhindar dari beragam kanker. 

4. Menyembuhkan penyakit Diabetes

Jus jahe dan wortel juga bisa menyembuhkan dan mencegah penyakit diabetes. Jahe merupakan bahan makanan yang sangat kuat  kandungan antioksidan sedangkan wortel kaya akan karoten yang berguna sekali menurunkan tingkat gula darah, jus ini juga bisa membantu tubuh meningkatkan kinerja hormon insulin yang telah rusak untuk mengontrol penyakit diabetes.
 Jus jahe dan wortel jika dikonsumsi secara teratur juga bisa mencegah komplikasi penakit lainnya yang berhubungan dengan diabetes. Ditambah jus ini juga kaya akan kandungan vitamin A yang berguna sekali menjaga kesehatan mata dan memberbaiki pembuluh darah yang rusak. 

Nah...Jahe Merah ternyata banyak sekali manfaatnya kan.... 
Mulai sekarang ayo budidayakan Jahe merah, dan dukung proyek saya yaaa!
Salam Tunas Hijau Indonesia.

Semoga bermanfaat!

Komentar